Disleksia (Dyslexia) | Ciri-ciri Disleksia | Pengobatan Disleksia

Disleksia (Dyslexia) | Ciri-ciri Disleksia | Pengobatan Disleksia - Disleksia (Dyslexia) yakni gangguan membaca dan menulis akibat kelainan pada otak.Selama ini, kemampuan membaca dan menulis kerap menjadi acuan para orangtua dalam mengontrol kepandaian anaknya yang sudah memasuki usia sekolah,siapa tahu ternyata anak tersebut menderita Disleksia (Dyslexia).Nahberikut ini kita akan sedikit membahas tentang ciri-ciri Disleksia dan juga pengobatan Disleksia.

Perlu diketahui bahwa secara normal, kemampuan membaca sudah muncul sejak si kecil menginjak usia enam atau tujuh tahun. namun hal ini tidak terjadi pada anak penderita Disleksia (Dyslexia). Sampai usia 12 tahun, anak tersebut masih belum lancar membaca dan menulis. Bahkan sampai usia dewasa sekalipun mereka masih mengalami gangguan keduanya.Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orangtua yang tidak menyadari Ciri-ciri Disleksia ini sehingga pencegahan dini maupun Pengobatan Disleksia tidak bisa dilakukan.

Disleksia (Dyslexia) Merupakan sebuah kondisi ketidak mampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada anak tersebut dalam melakukan aktifitas membaca dan menulis. Gangguan ini bukan bentuk dari ketidakmampuan fisik, seperti karena ada masalah dengan penglihatan, tapi mengarah pada bagaimana otak mengolah dan memproses informasi yang sedang dibaca anak tersebut. Kesulitan ini biasanya baru terdeteksi setelah anak memasuki dunia sekolah untuk beberapa waktu.

Untuk mengenali Ciri-ciri Disleksia antara lain :






Lambat bicara jika dibandingkan kebanyakan anak seusianya dan tidak dapat mengucapkan kata-kata secara benar.

Lambat mengenali alfabet, angka, hari, minggu, bulan, warna, bentuk dan informasi mendasar lainnya. Serta sulit dalam mengurutkan huruf-huruf dalam kata.

Sulit menyuarakan fonem (satuan bunyi) dan memadukannya menjadi sebuah kata.

Sulit mengeja secara benar. Bahkan mungkin anak akan mengeja satu kata dengan bermacam ucapan.

Sulit mengeja kata atau suku kata dengan benar. Anak bingung menghadapi huruf yang mempunyai kemiripan bentuk seperti b – d, u – n, m – n.

Membaca satu kata dengan benar di satu halaman, tapi salah di halaman lainnya.

Kesulitan dalam memahami apa yang dibaca.

Sering terbalik dalam menuliskan atau mengucapkan kata. Misalnya kata ”gajah” ducapkan menjadi ”gagah”, "pelajaran" dibaca "perjalanan".

Rancu dengan kata-kata yang singkat, misalnya ke, dari, dan, jadi.

Bingung menentukan tangan mana yang dipakai untuk menulis.

Lupa mencantunkan huruf besar, serta lupa meletakkan tanda-tanda baca lainnya, seperti titik atau koma.

Menulis huruf dan angka dengan hasil yang kurang baik/ tulisannya jelek sekali.

Terdapat jarak pada huruf-huruf dalam rangkaian kata. Tulisannya tidak stabil, kadang naik, kadang turun.

Punya kebiasaan membaca terlalu cepat hingga salah mengucapkan kata atau bahkan terlalu lambat dan terputus-putus.

Rancu dalam memahami konsep kiri*kanan, atas-bawah, utara-selatan, timur-barat.

Memegang alat tulis terlalu kuat/keras

Rancu atau bingung dengan simbol-simbol matematis. Misalnya tanda +, -, x, :, dan sebagainya.

Sulit mengikuti lebih dari sebuah instruksi dalam satu waktu yang sama.



Penyebab Disleksia (Dyslexia) biasanya adalah Genetik/ keturunan. Disleksia cenderung terdapat pada keluarga yang mempunyai anggota kidal. Namun, orang tua yang disleksia tidak secara otomatis menurunkan gangguan ini pada anak-anaknya, atau anak kidal pasti disleksia.

Memiliki masalah pendengaran sejak usia dini adalah Penyebab Disleksia (Dyslexia) yang kedua.Jika kesulitan tidak terdeteksi sejak dini, maka otak yang sedang berkembang akan sulit menghubungkan bunyi atau suara yang didengarnya dengan huruf atau kata yang dilihatnya.

Faktor kombinasi yang Merupakan kombinasi dari dua hal diatas menjadi Penyebab Disleksia (Dyslexia) yang ketiga. Faktor kombinasi ini menyebabkan anak yang disleksia menjadi kian serius atau parah, hingga perlu penanganan menyeluruh dan kontinyu.

Pengobatan Disleksia yang pertama dengan Educational approachdan phonic lessons. Apabila orangtua dan guru mulai mencurigai bahwa anak mengidap disleksia, hendaknya segera berkonsultasi dengan psikolog atau klinik/ sekolah pengajaran khusus (special education) untuk mendapatkan informasi mengenai cara penangan yang sebaiknya dilakukan untuk membantu anak dalam meningkatkan perkembangan membacanya. Anak disleksia tidak selamanya tidak mampu membaca dan menulis. Apabila mendapat penanganan yang tepat dan intensif,anak disleksia akan dapat membaca sama seperti anak normal lainnya. Bahkan bisa ber-IQ lebih tinggi dari anak mormal.

Pengobatan Disleksia Metode multi-sensory merupakan Pengobatan Disleksia yang kedua. Dengan metode yang terintegrasi, anak akan diajarkan mengeja tidak hanya berdasarkan apa yang didengarnya lalu diucapkan kembali, tapi juga memanfaatkan kemampuan memori visual (penglihatan) serta taktil (sentuhan). Cara ini dilakukan untuk memungkinkan terjadinya asosiasi antara pendengaran, penglihatan dan sentuhan sehingga mempermudah otak bekerja mengingat kembali huruf-huruf.

Pengobatan Disleksia Membangun rasa percaya diri. Jangan pernah menganggap anak bodoh dan lamban dalam melakukan apapun. Bantulah anak menemukan keunggulan diri, agar bisa merasa bangga dan tidak pesimis terhadap hambatan yang saat ini sedang diatasi. Kalau perlu, jelaskan pada mereka figur-figur orang terkenal yang mampu mengatasi problem disleksianya dan melakukan sesuatu yang berguna untuk masyarakat.
Gambir Serawak